Cara Kerja Mesin Motor
- Para biker sejati kini saya punya artikel untuk anda yang penggila motor , pasti tau dong luar motor gimana belum tentu anda tau daleman motor gimana dan bagaimana fungsi kerjanya. Kini saya jelaskan disini.
Sepeda motor atau yang biasa disebut dengan motor adalah sebuah alat
transportasi yang banyak digunakan oleh masyarakat terutama masyarakat
di negara berkembang termasuk Indonesia. Cara kerja mesin motor
sebenanya tidak jauh berbeda dengan cara kerja mesin mobil. Mesin motor
ini terdiri dari piston, blok silinder, dan bagian kepala yang berisi
katup. Piston akan bergerak naik turun pada blok silinder. Ini terjadi
karena dorongan dari hasil ledakan campuran bahan bakar dan udara yang
telah dinyalakan oleh percikan api. Pada saat motor bekerja, maka katup
akan membuka dan menutup untuk memungkinkan campuran bahan bakar dan
udara masuk ke dalam ruang bakar katup. Pada saat piston bergerak naik
turun, maka ini akan merubah gerakan poros engkol / crankshaft menjadi
berputar. Kekuatan rotasi pada crankshaft ini kemudian ditransmisikan
untuk menggerakkan roda motor.
Mesin pada motor dibedakan menjadi 2,
yaitu: 2 tak dan 4 tak. Mesin motor 2 tak terdiri dari piston, ring
piston, engkol, busi, knalpot, port intake, dan silinder. Cara kerja
motor mesin 2 tak prosesnya cukup mudah. Port intake pertama akan
menerima kombinasi bahan bakar dan udara. Udara dan campuran bahan bakar
dikompres melalui aktivitas naik turunnya piston. Busi akan membakar
campuran ini sehingga akan menyebabkan ledakan di dalam silinder
sehingga akan mengaktifkan piston dan memutar engkol. Kemudian piston
akan kembali ke posisi semula dan asap pembakaran akan keluar melalui
knalpot.
Cara kerja motor dengan mesin 4 tak sedikit
berbeda. Mesin motor 4 tak ini terdiri dari busi, piston, piston
cincin, engkol dan poros engkol, dan silinder. Proses cara kerja motor 4
tak ini dimulai dari katup intake menerima bahan bakar dan campuran
udara seperti pada motor 2 tak, namun disini piston bertugas untuk
mencampur kedua campuran ini. Pengapian dilakukan oleh busi sehingga
bisa mendorong engkol untuk menggerakkan rantai. Rantai akan
mengaktifkan 2 camshaft dan berputar membuka katup pembuangan untuk
membuang asap hasil pembakaran melalui batang knalpot. Aktivitas ini
berulang terus menerus hingga pada akhirnya mendorong katup intake valve
untuk terbuka dan membiarkan bahan bakar melewatinya.
Nah gimana Cukup tau kan???? silakhkan kunjungi ini untuk lebih banyak tips lainnya.
0 komentar:
Posting Komentar